Selasa, 18 September 2012

Pengantar

Selamat datang di blog perkuliahan Analisis Kebijakan Publik!

Maju mundurnya sebuah bangsa atau daerah, sangat bergantung pada bagaimana bangsa dan negara itu dikelola. Pengelolaan negara atau daerah akan sangat bergantung pada kebijakan publik yang dijalankan. Kebijakan publik yang unggul atau baik akan bergantung pada proses tahapan kebijakan publik itu dibuat atau dirumuskan, pada tahap ini analisis kebijakan publik memegang peranan yang penting dan menentukan. Mata kuliah ini diberikan dengan maksud untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai konsep dan teori analisis kebijakan publik, kasus dan praktek analisis kebijakan publik. Adapun TUJUAN PERKULIAHAN ini adalah, sbb:
  1. Mahasiswa mengetahui, mengenal dan memahami analisis kebijakan publik yang telah, pernah dan sedang berlaku di Indonesia (TIU). 
  2. Mereview berbagai pemahaman konsep, teori, pengalaman dan pengetahuan peserta mengenai analisis kebijakan publik (TIK). 
  3. Mahasiswa mengerti dan memahami teori dan praktek analisis kebijakan publik di Indonesia (TIK)
  4. Mahasiswa sebagai sebagai warga negara dan calon pimpinan pemerintahan akan lebih menjiwai profesinya sebagai aparatur pemerintahan (TIK). 
  5. Mahasiswa akan mampu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam rangka memberdayakan kelembagaan pemerintahan pemerintahan dan melaksanakan pelayanan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat.
  6. Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan publik pada institusinya dan dapat merumuskan perbaikan dan menawarkan kebijkan publik yang lebih unggul. 
  7. Mahasiswa memiliki kemampuan menilai kebijakan publik yang sedang dijalankan pemerintah Indonesia.
Klik di sini untuk mengunduh Deskripsi Mata Kuliah Selengkapnya!

0 komentar: